Penutupan Layanan CBN Cable Internet (Wed, Jun 4 2014)
  NEWS | TECH |TRAVEL |SHOPPING |ENTERTAINMENT |HEALTH |MAN |WOMAN| MAP |  
 
 
   
Travel News  
 




SuaraMerdeka

Bangunan Cagar Budaya Dilindungi Perda
Travel News Sat, 11 May 2013 09:21:00 WIB


Bangunan dan benda cagar budaya akan dilindungi peraturan daerah (Perda) Jateng. Melalui Perda tentang Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya, juga diatur sanksi denda maupun pidana bagi mereka yang merusak atau mencuri bangunan dan benda cagar budaya. Komisi E DPRD Jateng telah menyusun draf, melakukan rapat dengar pendapat dengan pihak terkait, dan mengonsultasikan perda tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Bangunan dan benda cagar budaya ini penting dilindungi peraturan daerah. Sebab, masih banyak perusakan dan pencurian pada bangunan dan benda cagar budaya,” kata Ketua Komisi E DPRD Jateng AS Sukawijaya atau akrab disebut Yoyok Sukawi.

Sesuai rencana, Perda Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya akan disahkan Mei ini. Hasil pendataan Komisi E, terdapat 56 candi, 142 situs, dan 1.800 benda cagar budaya di Jateng. Sanksi Hukum Yoyok yang merupakan anggota Fraksi Demokrat mencontohkan bangunan cagar budaya yang harus dilindungi adalah Lawangsewu, Semarang, dan kawasan bekas pabrik es Saripetojo, Surakarta. Anggota Komisi E DPRD Jateng Muh Zen Adv menjelaskan, perda ini disusun untuk melestarikan warisan budaya daerah, mempertahankan kearifan lokal, serta meningkatkan harkat dan memperkuat kepribadian bangsa. Perda ini juga untuk mempromosikan warisan budaya daerah kepada masyarakat. “Dengan kehadiran perda ini, Pemprov Jateng beserta kabupaten/ kota diharapkan bisa membentuk tim ahli tentang cagar budaya. Mereka ini bertugas mengkaji pelestarian, pengembangan, dan pengelolaan bangunan dan benda cagar budaya,” tandas anggota Fraksi PKB DPRD Jateng itu.

Komisi E juga berharap penguatan kelembagaan yang bertanggung jawab dalam koordinasi, kolaborasi, dan sinergisitas penanganan bangunan cagar budaya. Menurut dia, perda ini juga mengatur sanksi hukum. Misalnya, mereka yang mencuri benda cagar budaya bisa dikenai pidana kurungan minimal tiga bulan dan denda maksimal Rp 50 juta. (Royce Wijaya SP, Anton Sudibyo-59 )

Sumber: SuaraMerdeka




Other articles

Di New Delhi, Wajib Tes Alkohol Sebelum Naik MRT
Fri, 10 May 2013 10:46:00 WIB
Asyik, Singapore Airlines Buka Rute ke Surabaya
Fri, 10 May 2013 10:43:00 WIB
Pantas Bandara Changi Jadi yang Terbaik di Dunia
Fri, 10 May 2013 10:40:00 WIB

 

 
Liputan6.com Gatra CBN Area
 
 
1972


adalah tahun di tetapkannya pulau Onrust sebagai kawasan Pelestarian Sejarah


(Travel Club)


 
Special Promo
 
Thu, 20 Nov 2014 10:52:00 WIB
Belanja Online Paket Tur di Panorama Tours

 
Let's Go To
 
Thu, 11 Nov 2010 07:29:00 WIB
GARUT

  [ View Map ]